Setting E-mail Google dan Yahoo! Pada Samsung M3510

November 5, 2009

Setting e-mail Google dan Yahoo di Samsung M3510
Setelah kemarin saya menulis tentang mudahnya setting gprs kartu IM3 dan juga xl pada Samsung M3510, sekarang giliran saya akan membahas bagaimana untuk setting e-mailnya. Membuat settingan e-mail di ponsel ini sama mudahnya dengan membuat settingan gprs. Sangat simple dan mudah untuk dilakukan.

Langsung saja, pertama kita buka menu – messages – settings – Emails – Email accounts. Setelah itu, langsung saja masuk option, create. Pada tampilan welcome…… pilih saja yes untuk memulai wizzard, mailbox name isi saja semau anda, option – next. Mailbok type pilih IMAP4, sangat disarankan untuk IMAP saja, karena berbagai alasan, IMAP adalah pilihan lebih baik. Klik next baru masukkan e-mail address anda, otomatis username juga terisi, baru kemudian password, option – next. Incoming email server, biarkan sudah bener tuh imap.gmail.com begitu juga dengan smtp-nya. Wizzardnya sudah selesai pada pada langkah selanjutnya, tinggal pilih ok.

Kelihatannya selesai, namun masih ada yang perlu anda lakukan. Settingan itu belum sepenuhnya berjalan. Masuk dulu pada account yang baru saja dibuat tadi, rubah parameter-parameter berikut. My email information, masuk saja, biarkan semua kecuali profile in use, sesuaikan dengan kartu anda, ISAT e-mail untuk indosat, XL e-mail untuk XL. Jangan lupa klik save dahulu.

Setelah itu, rubah pula pada pilihan incoming e-mail server dan outgoing e-mail server yang ada di bawah email information. Untuk incoming, yang perlu kita rubah adalah dengan menambahkan centang secure connection , maka otomatis port juga akan berubah sebagai mana mestinya. Lalu jika anda ingin rubah juga pada incoming e-mail option (paling bawah) ada all, new, unread, saya lebih senang new saja, loadingnya lebih cepat. Jangan lupa klik save dahulu.

Kemudian pada outgoing e-mail server, yang perlu kita lakukan perubahan juga sama, centang pilihan secure connection, port juga akan rubah dari 25 menjadi 465. Selesai deh, tinggal klik save lalu save lagi.

Sekarang ganti Yahoo!, keseluruhan hampir sama saja, cuman pada settingan lanjut (incoming dan outgoing server) saja yang ada bedanya. Dan yang lebih disayangkan lagi, Yahoo tidak mendukung protokol IMAP, hanya POP saja yang bisa diakomodasi. Langsung ke incoming server, alamat POP3 servernya adalah pop.mail.yahoo.com, secure connection, secure login, port otomatis 995. Klik save. Outgoing server, smtp.mail.yahoo.com, same ID and password, secure connection pada port 465. Klik save dan save lagi.

Nggak kerasa, sudah agak panjang, saya rasa agar tidak menjemukan, artikel ini sampai di sini saja, maunya saya masih menjelaskan beda POP3 dan IMAP4, trus gimana buka e-mailnya juga. Tapi besok saja kali ya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: