Komparasi Mobile Browsers Pada Samsung M 3510 Beat b

November 28, 2009

Sesuai dengan tag line bahwa blog ini tidak hanya sekedar bicara tentang berita dan fakta seputar Samsung M3510 Beat b. Tapi juga akan berisikan informasi tentang aplikasi-aplikasi Java™ yang bisa diinstall padanya. Untuk Posting kali ini saya akan memberikan sedikit perbandingan tentang beberap browser mobile yang ternyata jumlahnya ada beberapa, tidak sekedar yang kita ketahui saja.

Langsung saja, disini saya akan membahas tentang 4 Mobile browser, yaitu Opera Mini, UCWEB, Bolt dan TeaShark. Keempatnya sudah saya coba pada hand phone Samsung Beat b yang saya miliki.

1. Opera Mini 5 Beta

Opera Mini 5 Beta

Menggunakan Opera Mini sungguh sangat menyenangkan saya rasa, karena browser ini adalah yang paling sering saya pakai. Disamping karena terkenalnya browser ini, juga didukung dengan berbgai kemudahan yang ditawarkannya. Apalagi ada fasilitas tab-ed browsing layaknya di browser versi PC, ada lagi dengan speed dialnya. Makin keren deh aplikasi ini.

Namun sayangnya agak berat kalau dirasa-rasa dalam penggunaannya. Disamping itu juga sering mengalami error saat kita mau menyiompan satu halaman atau cuman sekedar gambar. Tidak seringan versi 4.2 yang berjalan dengan lancar pada ponsel Samsung M3510 Beat b.

2.UCWEB

UCWEB 6.5

Bagi saya ini adalah saingan terberatnya Opera Mini™, bagaimana tidak? Kalau bicara soal kecepatan, juga tidak kalah cepat, loadingnya saya rasa jauh lebih ringan kalau kita mau membandingkan, bahkan jika dibandingkan dengan Opera Mini 4.2 sekalipun. Tetapi dia memiliki kemampuan multi tab, download manager dan juga skin yang bisa diganti dengan cepat.

UCWEB simple Navigation

Terlebih, saat kita berada di start page, di situ akan ada recommended site, kalau kita memang sudah dari saat downloadnya pilih Indonesia maka otomatis akan ada berbgai situs yang memang cocok baget buat kita orang Indonesia. Dalam cool sites recommended itu dibagi dalam berbagai kategori, mulai dari portal ada kompas, yahoo!, detik dan juga vivanews. Setelah itu ada juga ke social networking yang di dalamnya ada facebook dan juga tweeter. Video, forum dan juga masih banyak kategori lainnya. Tapi sayang sejauh saya tahu, untuk facebook ternyata kurang tepat alamatnya, sehingga nantinya akan error. Youtube lancar sampai page video, tapi buat play juga ga bisa ternyata.

3. TeaShark dan Bolt

TeaShark Mobile Browser pada Samsung M3510 Bolt Browser pada Samsung M3510

Kenapa yang ini saya gabungkan? Ya karena memang kedua browser ini adalah yang paling berat untuk dijalankan. Meskipun memang bisa di install, namun pada kenyataannya sangat tidak nyaman dalam menggunakan keduanya. Memang Bolt bisa memainkan video YouTube langsung di Ponsel Samsung M3510. Tapi ternyata keduanya seringkali mengalami error dengan tampilannya kalau kita men-scroll halaman. Sering nampak seperti komputer yang super lambat, atau kekurangan RAM gitu deh, tampilannya seringkali tumpuk-tumpuk ga jelas.

Praktis, saya tidak menginstall mereka lama, karena error yang menyebalkan, lebih baik saya  hapus aplikasi ini dan menggunakan space yang ada untuk aplikasi yang berguna lainnya semisal Qur’an.

One Response to “Komparasi Mobile Browsers Pada Samsung M 3510 Beat b”

  1. Alf Says:

    Saya juga mengalami hal yang sama seperti yang anda uraikan tentang ke 4 mini browser tadi. Saya juga mempunyai samsung M3510 Beat-b

    Akhirnya saya hanya nyaman menggunakan operamini 4.2 saja. Kita tunggu versi full opera mini 5 yg sekarang masih berstatus beta. Mudah mudah berjalan mulus di samsung beat M3510. Terima kasih banyak.


Tinggalkan Balasan

